Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

2012-09-01

Apakah Pesantren Ketinggalan Jaman Digital

2012-09-01
Pada era digital sekarang ini manusia dihadapkan pada sesuatu yang serba instan hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, perkembangan teknologi yang sekarang sedang mombooming adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, manusia dimudahkan dengan adanya perangkat teknologi ini.
Pesantren sebagai salah satu basis pendidikan di Indonesia merupakan salah satu instansi pendidikan yang mengedepankan pendidikan agama ketimbang sains dan teknologi, hal tersebut sama sekali kurang tepat, sekarang ini di Indonesia terdapat dua jenis pesantren; 1. Pesantren Salafiyah, 2. Pesantren Modern.
Kedua Jenis tersebut sama-sama pesantren akan tetapi ada sedikit perbedaan salah satunya adalah sistem pendidikan dan pengajaran. Pesantren Salafiyah lebih banyak mengaktualisasikan pendiikannya pada pengkajian kitab-kitab (istilah terkenalnya adalah kitab kuning) dengan sistem sorogan dimana kiyai memberikan pemahaman kepada para santri dengan ceramah dan santri mendengarkan dan mengevaluasi dengan seksama kitab yang dipelajarinya. tapi tidak menutup kemungkinan para santri yang belajar di pesantren salafiyah ikut mengenyam pendidikan reguler yang diadakan oleh pemerintah, seperti SMP, SMA.
Sedangkan pesantren modern menggabungkan kedua sistem pendidikan yaitu pendidikan pesantren salafiyah dan pendidikan reguler yang dijadikan menjadi satu paket pendidikan pesantren modern.
maka dengan perkembangan jaman yang ada tidak menutup kemungkinan bahwa para santri tertinggal oleh jaman yang disebut jaman digital. dengan berbagai bukti bahwa para almuni pesantren mampu bersaing pada universitas-universitas baik negeri maupun swasta.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

oesantren basis agama islam tpi klo mereka bisa bersaing dengan persaingan yg ada manteps bangets tuh, dunia akherat kekejar

Posting Komentar