Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

2012-08-31

Tutorial Cara Setting Internet Sehat Sekolah Bag.2

2012-08-31

Pada tutorial sebelumnya telah saya jelaskan bagaimana cara instalasi awal menciptakan internet sehat untuk sekolah, dalam artian internet yang diakses bisa diatur dan dikonfigurasikan untuk keperluan yang bermanfaat agar tidak disalahgunakan oleh siswa untuk membuka web yang memiliki konten tidak mendidik.
Pada tutorial lanjutan kali ini saya akan menjelaskan instalasi network (Jaringan), agar setting pemblokiran pada proxy server yang akan kita jalankan bekerja dengan baik. Keperluan yang dibutuhkan hanyalah browser karena kita akan melakukan setting melalui web fig (konfigurasi berbasis web). Yang anda lakukan hanyalah me-remote proxy server endian ini dengan menggunakan computer pribadi berbasis windows atau operating system yang lain.
Caranya adalah:
1.       Setting Ip Adress Komputer anda menjadi
Ip address                 : 192.168.0.16
Subnet Mask             : 255.255.255.0
Default Gateway        : 192.168.0.15
DNS                         : Optional (boleh diisi ataupun tidak)

2.       Buka Browser Anda dan tuliskan alamat 192.168.0.15 di address bar browser anda jika ada pesan error certificate lakukan add exception dan confirm certificate.
3.       Maka akan muncul tampilan dibawah ini da pilih Ethernet Static
4.       Memilih zona pilih none
5.       Setting Preferensi Jaringan lokal dan isikan ip address 192.168.0.1 dan Network Mask dengan 255.255.255.0 (sebenarnya ip address boleh diisi dengan ip address sesuka anda akan tetapi biasanya mayoritas administrator jaringan biasanya menyetting dengan ip address ini)
6.       Pengaturan Jaringan Wide area (isikan ip address, network mask, dan default gateway dengan apa yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider) atau penyedia internet anda
7.       Pengaturan DNS (Domain Name System), isikan dengan dns yang diberikan ISP
8.       Instalasi Jaringan Selesai dengan mengklik OK APPLY CONFIGURATION dan tunggu hingga beberapa menit sehingga alamat men-direct atau mengalihkan ke alamat yang dibuat pada jaringan local yaitu 192.168.0.15 dan jika terlalu lama menunggu maka buka tab browser baru tuliskan alamat 192.168.0.15 di address bar
Selesailah sudah instalasi jaringan yang kita buat dengan Endian firewall, dan untuk setting conten filter atau pemblokiran situs-situs yang tidak bermanfaat (red.) akan dijelaskan pada edisi selanjutnya. (indahnya berbagi Pengetahuan).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah ternyata disini, jd betah baca.. hehehehe

Posting Komentar